6 Hal Penyebab Susah Hamil


Anak tentunya menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Baik pasangan yang menikah muda maupun pasangan yang menikah pada usia dewasa. Kehadiran anak tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri yang akan melengkapi kebahagiaan suatu pasangan dalam membangun rumah tangga. Akan tetapi, tidak semua pasangan dengan mudah dikaruniai anak ketika mereka menikah. Bahkan, ada yang harus menunggu hingga bertahun-tahun, namun tidak kunjung mendapatkan momongan. 






Hal tersebut mungkin ada kaitannya dengan sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang susah hamil, yaitu :

  1. Usia
    Usia menjadi faktor penting yang mempengaruhi peluang anda memiliki anak. Pasalnya,
    semakin tua usia anda, maka kondisi kesuburan pun akan semakin mengalami penuruan. Begitu juga dengan kualitas sperma. Kualitas sperma juga akan mengalami penurunan seiring pertambahan usia. Hal ini terjadi saat usia sudah menginjak 35 tahun ke atas. Usia di mana seseorang sudah mendekati masa menopause. Jadi, jika anda sudah resmi menikah, apalagi di usia yang sudah terbilang dewasa, maka sebaiknya jangan menunda untuk memiliki anak. 
  2. Gangguan Kesehatan atau Mengonsumsi Obat
    Kesulitan untuk memiliki momongan juga dipengaruhi oleh gangguan kesehatan. Fisik yang tidak sehat juga memicu kemampaun hamil menjadi rendah. Begitu juga dengan obat-obatan. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi obat-obatan sembarangan karena obat-obatan tertentu akan mempengaruhi tingkat kesuburan anda serta mengurangi kesempatan untuk hamil. 
  3. Ketidakseimbangan Hormon
    Obesita mampu memicu ketidakseimbangan hormone. Hormone androgen yang membawa sifat maskulin akan lebih mendominasi jika dibandingkan dengan jenis hormone lainnya. Jika hormone-hormon reproduksi di dalam tubuh tidak mengalami keseimbangan, maka proses ovulasi dan siklus haid pun akan mengalami gangguan sehingga akan mengecilkan peluang untuk hamil. 
  4. Kerusakan Fisik Pada Ovarium
    Kerusakan fisik pada ovarium memiliki banyak macam. Mulai dari gangguan kista pada ovarium yang akhirnya mempengaruhi potensi untuk hamil atau bisa juga berupa jaringan parut pada ovarium yang terbentuk akibat operasi. Selain jaringan parut pada bagian ovarium, jaringan parut pada usus buntu dan panggul juga menganggu potensi anda untuk memiliki rencana kehamilan. 
  5. Menopause Dini
    Menopause umumnya terjadi saat seseorang menginjak usia 40 tahun. Namun, ada sejumlah wanita yang ternyata mengalami menopause dini. Artinya mereka kekurangan atau kehilangan siklus haid sebelum usia mereka 40 tahun. Menopause dini ini biasanya terjadi karena sejumlah terapi pengobatan misalnya radiasi.  
  6. Gaya Hidup dan Diet yang Berlebihan
    Segala hal yang berlebihan memang tidak terlalu baik. Dalam gaya hidup misalnya anda melakukan diet berlebihan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, sebaiknya anda tidak perlu olahraga yang terlau lelah atau diet berlebihan dengan mengonsumsi berbagai obat pelangsing karena pola hidup seperti ini akan memicu berkurangnya potensi untuk hamil. 
Itulah enam hal yang biasanya menyebabkan wanita susah hamil. Jadi, bagi Anda yang ingin segera menimang momongan, berusahalah menghindari keenam hal di atas sembari berdoa dan melakukan usaha-usaha peningkatan kesuburan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6 Hal Penyebab Susah Hamil"